kliksejahtera

Museum Satwa Tempat Rekreasi Bernuansa Edukatif

Museum Satwa adalah sebuah tempat rekreasi dengan bernuansa edukatif. Disamping sebagai tempat rekreasi, Museum Satwa dapat digunakan untuk menambah wawasan tentang kehidupan fauna yang pernah hidup dimasa itu dan juga fauna yang masih hidup dan dapat kita jumpai sampai saat ini.
Museum Satwa bangunannya didisain bergaya arsitektur romawi kuno. Museum ini terletak dibawah lereng Gunung Panderman, tepatnya di Jalan Raya Oro-Oro Ombo, Kelurahan Temas, Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia.

Koleksi Museum Satwa
Museum Satwa mempunyai banyak sekali koleksi, didalam museum terdapat berbagai macam jenis hewan langka, berbagai macam jenis burung, hewan darat, hewan laut, fosil-fosil hewan raksasa.
Terdapat sangat banyak sekali jenis kupu-kupu, lebah, ngengat pohon, belalang yang terpajang dialmari kaca. Serangga-serangga yang ada di Museum Satwa ini sebagian besar berasal dari hutan di Indonesia dan selebihnya didatangkan langsung dari negara asalnya, seperti dari Negara Thailand, Malaysia, Papua Nugini, China, Kolombia, Peru, dan sebagainya. Koleksi Museum Satwa, selain mengoleksi hewan yang diawetkan juga mengoleksi fosil-fosil hewan langka.


Didalam museum ini terdapat juga diorama-diorama yang menggambarkan kehidupan satwa dan keadaan alam pada saat itu, yang seakan-akan nyata adanya. Diorama yang digambarkan tersebut adalah seperti diorama satwa dan diorama pemandangan alam.
Salah-satu dari diorama satwa, yaitu : fish diorama
Adalah diorama kehidupan bawah air, seperti kehidupan di air tawar (sungai, rawa-rawa, danau), kehidupan di air laut.
Diorama Pemandangan Alam, seperti : diorama pemandangan bersalju, diorama pemandangan hutan yang terbakar, diorama pemandangan alam yang berbatu, dan lain-lainnya.


Terdapat juga teater yang menyajikan film-film tentang satwa dan kehidupannya dialam liar. Ada juga peragaan simulasi anatomi satwa, agar pengunjung dapat mengenal dengan lebih baik mengenai seluk-beluk anatomi satwa.
Suasana yang ada dimuseum ini dirancang sedemikian rupa sehingga seperti habitat asli binatang tersebut.


Fasilitas Yang Tersedia
Terdapat sebuah ruangan yang bernama Khasanah Pengetahuan, yang berisi berbagai macam bacaan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan tentang fauna.


Menuju Museum Satwa
Museum Satwa berada sekitar 20 km sebelah barat Kota Malang, Jawa Timur.
Dari Terminal Batu atau Pasar Besar Batu menuju Oro-Oro Ombo jaraknya ± 2 km.


Waktu Kunjungan
Museum Satwa dibuka dari pukul 10.00 WIB – 20.00 WIB




indonesia-indahnya.blogspot.com

......

Saya mengucapkan banyak terimakasih apabila anda berkenan membagikan (share) ini di Facebook dan twitter .

ShareThis

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More