kliksejahtera

Orang Indonesia ‘Hanya’ Beli Rumah di Singapura Minimal Rp 9 Miliar

Orang Indonesia ‘Hanya’ Beli Rumah di Singapura Minimal Rp 9 MiliarSekitar 9.300 rumah di Singapura terjual kepada orang asing. Dari jumlah itu, sekitar 18% atau 1.674 rumah diantaranya terjual kepada orang Indonesia. Rumah yang dipilih orang Indonesia pun rata-rata yang mahal, minimal Rp 9 miliar.

Total rumah yang dijual ke orang asing itu mencapai sepertiga dari total penjualan rumah di Singapura. Dari jumlah itu, China mencatat jumlah pembeli terbesar hingga 30%. Malaysia berada di peringkat kedua dengan porsi 20%, Indonesia di peringkat ketiga dengan porsi 18% dan India sebesar 12%.

Pola pembelian rumah juga memasuki teritori baru, dengan pembeli mulai berpindah dari distrik utama 9, 10 dan 11 ke kawasan berkembang di Tampines dan Pasir Ris.

Pembelian rumah oleh orang asing itu mencatat rekor berkat faktor rendahnya suku bunga dan membaiknya fundamental perekonomian. Data tersebut cukup mengejutkan mengingat pada Desember lalu ada kebijakan untuk meredam yakni pengenaan pajak hingga 10% untuk pembelian rumah oleh orang asing.

Kebijakan tersebut juga diprediksi akan membuat ketidakpastian pada taun 2012, meski pasar sangat kuat pada tahun lalu. Kebijakan pajak tersebut diprediksi akan memukul pasar properti mewah.

Demikian laporan dari konsultan Savills Singapore, seperti dikutip dari The Star, Jumat (10/2/2012).

Direktur Riset dan Konsultan Savills, Alan Cheong menegaskan, meski orang China mencatat angka pembeli tertinggi, namun orang-orang Indonesia tercatat memiliki bujet terbesar dan mendominasi kesepakatan-kesapakatan di pusat kota.

“Sekitar 79% dari total pembelian diatas US$ 1 juta (Rp 9 miliar), mengindikasikan bahwa pembeli Indonesia relatif kurang aktif membeli rumah berformat kecil, yang umumnya berharga di bawah US$ 1 juta,” jelas Cheong.



Sumber: Detik.com




......

Saya mengucapkan banyak terimakasih apabila anda berkenan membagikan (share) ini di Facebook dan twitter .

ShareThis

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More