Candi Penataran

pulsagram, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

candi penataranCandi Penataran terletak di sebelah utara Kota Blitar atau tepatnya 10 Km dari makam Prsesiden Indonesia pertama. Dengan kawasan wisata pedesaaan, Penataran menawarkan konsep wisata budaya dengan keramahan masyarakat desa khas kabupaten Blitar. Penataran sendiri persisnya terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok atau di sisi sebelah selatan lereng Gunung Kelud.

Setiap bulannya kawasan wisata Candi Penataran tidak pernah sepi pengunjung. Menurut pos jaga wisata Candi Penataran, jumlah pengunjung umum rata-rata dalam satu bulan sekitar 20.000 sampai 25.000 orang.

Jika dilihat dari sisi jumlah tersebut dapat dibayangkan betapa pesona wisata penataran mampu memiliki mangnet tersendiri untuk menyedot wisatawan local maupun mancanegara.

Sekelumit sejarah yang mengiringi terbentuknya candi penataran tersebut memiliki nama Candi Palah sesuai dengan yang tertera di prasati palah. dibangun pada tahun 1194 oleh Raja Çrnga (Syrenggra) yang bergelar Sri Maharaja Sri Sarweqwara Triwikramawataranindita Çrengalancana igwijayottungadewa yang memerintah kerajaan Kediri antara tahun 1190 Р1200.

Candi Penataran adalah sebagai candi gunung untuk tempat upacara pemujaan agar dapat menetralisasi atau menghindar dari mara bahaya yang disebabkan oleh gunung Kelud yang sering meletus. Candi ini diusulkan dalam daftar kandidat UNESCO World Heritage Tentative List sejak 19 Oktober 1995.

Selain itu pada bulan-Bulan tertentu dilakukan berbagai sendratari yang diseting dilokasi candi Penataran. Mulai dari epos Ramayana dan berbagai tarian kesenian penataran menjadi salah satu daerah wisata udaya yang layak untuk dikunjungi. ......

Saya mengucapkan banyak terimakasih apabila anda berkenan membagikan (share) ini di Facebook dan twitter .

ShareThis

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More