budaya kediri kuno RAMPOK MACAN ..tradisi yang gak perlu dilestarikan.. ;-)

pulsagram, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

rampok macanRampog Matjan/ngrampok macan/ itu tradisi rakyat Kediri pada jaman Belanda sekitar tahun 1890-1900, pada masa itu masih banyak macan/harimau di pulau jawa..
Rampok macan diadakan tepat pada hari raya tanggal 1 syawal

Orang-orang berkumpul membuat lingkaran di alun-alun Kediri dengan tombak terhunus...ketika waktunya udah siang dan para pejabat dan undangan sudah duduk-duduk siap semuanya di tempat duduknya..maka sang harimau yang tadinya dikerangkeng dan mulai dibuka kandangnya..kalau harimaunya tidak keluar dan tidak menghiraukan..dilempari, digoda dan kadang dilempari petasan...kalau harimaunya beraksi, maka mulailah yang menonton bersorak-sorak gegap gempita... dan apabila harimaunya marah maka ramailah para penonton untuk bersiap-siaga..dan yang apes..ada juga yang lari tunggang langgang menyelamatkan diri apabila harimau mengejarnya... ;-)

Begitulah orang beramai-ramai melukai harimau yang dilepas..menusuk dan menombaknya berkali-kali..tidak berapa lama harimau yang sudah terluka karena dijadikan sasaran ribuan tombak..akhirnya mati..(kayaknya melanggar 'perikebinatangan' ya...)..

Melihatnya mungkin kasihan banget ya..tapi itu jaman dulu..jaman dimana masih banyak macan berkeliaran.kalo dipikir-pikir mungkin itu yang menyebabkan hilangnya macan-macan di pulau jawa..tapi kayaknya udah terlanjur.soalnya udah pada punah semuanya..;-)
bisa diambil hikmahnya..
yah...orang dulu ada-ada saja.. ;-) ......

Saya mengucapkan banyak terimakasih apabila anda berkenan membagikan (share) ini di Facebook dan twitter .

ShareThis

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More